168. Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan; karena Sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu.
Tafsir :
Maka apabila manusia telah mengatur makan minumnya, mencari dari sumber yang halal, bukan dari penipuan, bukan dari apa yang di zaman moderen ini dinamakan korupsi. Maka jiwa akan terpelihara dari kekasaran nya. Dalam ayat tersebut yang halal lagi baik. Makanana yang halal ialah lawan dari yang haram. Yang haram telah pula disebutkan dalam al qur’an yaitu yang tidak di semblih, daging babi, darah, dan yang disembelih untuk berhala. Kalau tidak ada pantangan yang demikian, halal dia dimakan. Tetapi hendaklah pula yang baik meskipun halal. Batas-batas yang baik itu tentu dapat di pertimbangkan oleh manusia. Misalnya daging lembu yang sudah di sembelih lalu dimakan saja mentah mentah. Meskipun halal tidak baik.
Supaya kita ketahui betapa besarnya pengaruh makan halal itu bagi rohani manusia, maka tersebutlah dalam satu riwayat yang di sampaikan oleh ibnu mardawaihi dari pda ibnu abas. Bahwa tetkala ayat ini dibaca orang di hadapkan nabi SAW . Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan; karena Sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu. Maka berdirilah sahabat rosul. Supaya beliau memohaon kepada allah agar apa saja permohonan do’a yang disampaikannya kepada tuhan. Supaya dikabulkan oleh tuhan. Maka berkatalah rosul SAW yang artinya : Wahai sa’ad perbaikilah makanan engkau niscaya engkau akan di jadikan allah seorang yang makbul do’a nya. Deni tuhan yang jiwa Muhammad ada dalam tuhannya, sesunggah nya seorang laki-laki yang melemparkan suatu suapan haram dalam perutnya maka tidak akan diterima amalnya selama 40 hari dan barang di antara hamba allah yang bertmabah dagingnya harta haram dan riba maka api lebih baik baginya.
Artinya lebih baik makan api dari pada makan harta haram. Sebab api dunia belum apa –apa jika di bandingkan dengan api neraka, biar hangus perut lantaran lapar dari pada makan harta yang haram.
Kemudian di peringkatkan pula pada lanjutan ayat supaya jangan menuruti langka-langka yang di lakukan oleh setan, sebab setan adalah musuh yang nyata bagi manusia, kalau setan mengajakan satu langkah, pastilah itu langkah membawa dalam ke sesatan. Dia akan mengajarkan tipu daya mengecoh dan asal perut berisi, tidaklah peduli dari mana saja sumbernya. Ke inginan setan ialah membawa engkau jatuh, jiwamu menjadi kasar, dan makan yang perutmu penambah darah dagingmu dari yang tidak halal dan tidak baik. Tentang langkah-langkah setan itu menurut riwayat dari ibnu abi hakim dari tafsiran ibnu abbas :
ﻣﺎﺧﺎﻟﻒﺍﻟﻗﺮﺃﻦﻓﻬﻭﻣﻦﺨﻃﻭﺍﺖﺍﻟﺷﻴﻃﺍﻦ
Artinya : Apa siapapun yang menyalahi isi al qur’an itu adalah langkah langkah setan.
Soal Makan
172. Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rezki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar kepada-Nya kamu menyembah.
Tafsir :
Wahai orang orang yang beriman makan makanlah dari pada yang baik baik apa yang telah yang kami karuniakan pada kamu ( pangkal ayat 172 ) Makanan yang baik baik itu senantiasa di sediakan oleh tuhan asal kamu suka mengusahakan nya buah buahan lengkap tumbuh, binatang binatang ternak demekian pula. Asal kamu berusaha mencari dan memilih mana yang baik baik itu, pasti kamu tidak akan kekurangan makanan, dan bersyukurlah kepada allah. Karena segala sesuatu telah lengkap dia sediakan buat kamu. Dan menurut penyeledikan ahli ahli gizi berbagai makanan itu mengandung beberapa vitamin zat putih telur, zat besi, zat asam, kalori. Dan hormone, dan sebaginya. Yang semuanya itu akan memperkuat tubuh manusia sebab itu bersyukurlah kepada allah. Jika memeng hanya kamu menyembah kepadanya ( ujung ayat 172 ).
Maka didalam peraturan yang di tentukan kepada orang yang beriman ini disuruh makan makan yang baik baik, yang sesuai untuk meyehatkan jowa dan badan. Dengan makanan yang teratur dan tidak banyak pantangan dan larangan itu dapat lebih bersyukur menyembah kepada tuhan sehingga nabi SAW menganjurkan memulai makan denga membaca bismillah dan sehabis makan mensyukurinya dengan ucapan
ﺍﻟﺣﻣﺪﷲﺍﻟﺬﻰﺃﻁﻌﻣﻧﻲﻭﺳﻗﺎﻧﻲﻭﺟﻌﻟﻧﻲﻣﻦﺍﻟﻣﺳﻟﻣﻳﻦ
Artinya : segala Puji untuk allah yang telah memberikan makan dan minum dan menjadikan aku sesorang yang berserah diri kepadanya.
Makanan Yang Haram
173. (yaitu) ketika orang-orang yang diikuti itu berlepas diri dari orang-orang yang mengikutinya, dan mereka melihat siksa; dan (ketika) segala hubungan antara mereka terputus sama sekali.
Tafsir :
Sesungguhnya tidak ada yang dia haramkan atas kamu selain bangkai, darah, daging babi, dan apa yang di sembelih untuk yang selain allah ( pangkal ayat 173 ).
Bangkai ialah sekalian binatang bernyawa yang mati karena tidak di sembilih, entah mati karena terjatuh, entah mati Karen terjepit entah mati Karena berlaga, atau mati karena sakit. Darah ialah sekalian macam darah, walaupun binatang yang mati karena di sembelih, daging babi, sudahlah sama kita maklumi, yaitu seluruh yang dapat di makan dari pada tubuh babi, baik dagingnya, lemaknya, ataupun tulangnya yang di cencang bersama dagingnya. Baik pun babi liar (celeng ) ataupun daging babi yang jinak di pelihara. Tetapi nbarang siapa yang terpaksa bukan melanggar dan bukan melampaui batas, maka tidak ada dosa atasnya. Terpaksa karena tidak ada lagi makanan yang lain, sehingga kalau tidak makan akan membawa kematian, pada waktu itu di adakanlah rukhsoh yaitu ke izinan makanan yang terlarang itu. Yaitu karena semata mata karena mempertahankan nyawa. Malahan kalau tidak di makan sehingga membawa kematian karena lapar. Dihukum lah oleh agama sebagai orang yang menyia nyiakan nyawa dan lagi tidak melampaoi batas. Artinya kalau sudah hilang lapar segeralah hentikan dan jangan di makan lagi.
“ Sesungguhnya allah adalah maha pengampun” atas orang yang terpakasa. Karena itu lalu memakannya. Dan “Maha penyayang” (ujung ayat 173 ).
Tentang Yang hahal
5. Pada hari ini Dihalalkan bagimu yang baik-baik. makanan (sembelihan) orang-orang yang diberi Al kitab itu halal bagimu, dan makanan kamu halal (pula) bagi mereka. (dan Dihalalkan mangawini) wanita yang menjaga kehormatan[402] diantara wanita-wanita yang beriman dan wanita-wanita yang menjaga kehormatan di antara orang-orang yang diberi Al kitab sebelum kamu, bila kamu telah membayar mas kawin mereka dengan maksud menikahinya, tidak dengan maksud berzina dan tidak (pula) menjadikannya gundik-gundik. Barangsiapa yang kafir sesudah beriman (tidak menerima hukum-hukum Islam) Maka hapuslah amalannya dan ia di hari kiamat Termasuk orang-orang merugi. [402] Ada yang mengatakan wanita-wanita yang merdeka.
Tafsir :
Bahwa makanan kita orang islam pun halal mereka makan. Dapatlah di pahami bahwa ini bukanlah taklif atau perintah kepada makanan sendiri sebab dengan soal makanan tentu mereka berpegang kepada syari’at meraka sendiri. Bukan kepada syariat kita, maksud allah memberi tahu bahwa makanan kita pun halal bagi mereka adalah jauh sekali. Yaitu supaya di dalam pergaulan sehari hari kita berlaku baik kepada mereka .
Dan Perempuan perempuan merdeka dair pada mu’minat dan perempuan perempuan merdeka dari yang diberi kitab sebelum kamu. Apabila telah kamu berikan kepada mereka mahar mereka.
Sehubungan ini bukan lagi soal makan melainkan soal perempuan disini di ternagkan bahwa kamu seorang mu’min selain boleh mengawini perempuan sesama islam, kalau ada jodoh dan nasib bloeh pula mengawini ahli kitab. Yahudi dan nasrani.
Di dalam ayat ini bertemu perkataan muhsonat yang artinya kita artikan saja permpuan merdeka, baik muhsonat mu’minat orang islam atau muhsonat ahli kitab. Dahulu kita artikan kata muhsonat yaitu perempua yang terbentang : artinya perpempua merdeka, perempuan baik baik dab terhormat. Bukan pezina dan budak budak. Itulah sebabnya maka dalam satu hadist shahih rosul mengatakan hendaklah nikah itu di perhatikan, di ternagkan, sehingga di ketahui orang banyak, bahkan di anjurkan memukulkan DUFF. Artinya gendrang tambur, atau di rayakan asal jangan maksiat. Bukan berzinah dan bukan memelihara perempuan diluar nikah.
Haram Minuman Keras Dan Judi
90. Dan (ingatlah), ketika Kami mengambil janji dari Bani Israil (yaitu): janganlah kamu menyembah selain Allah, dan berbuat kebaikanlah kepada ibu bapa, kaum kerabat, anak-anak yatim, dan orang-orang miskin, serta ucapkanlah kata-kata yang baik kepada manusia, dirikanlah shalat dan tunaikanlah zakat. kemudian kamu tidak memenuhi janji itu, kecuali sebahagian kecil daripada kamu, dan kamu selalu berpaling.
Tafsir :
Wahai orang yang beriman sesungguhnya arak dan judi dan sembelihan untuk berhala dan undi undian nasib, adalah kotor dari pekerjaan setan. Maka hendaklah kamu jauhilah dia beroleh kejayan’ (pangkal ayat 90 ).
Pertama di haramkan khomer ialah sekalian minuman yang menimbulkan dan menyebkan mabuk. Dalam bahasa kita arak/tuak. Minuman itu menimbulkan mabuk oleh karena ada alkoholnya.
Kedua di haramkan judi yaitu segala permainan yang menghilangkan tempo dan melalaikan waktu, dan mebawa pertaruhan termasuk di dalam nya permainan judi remi, domino, kartu, rolet, cekih, dadu atau segala macam permainan yang bias memakai pertaruhan.
Ketiga diharamkan sembelihan untuk berhala. Sebab sembelihan untuk berhala adalah perbuatan musyrik disana terdapat dua hal yang haram,
• Pertama penembelihan itu sendiri
• Kalau dimakan pula binatang yang telah di semblih untuk berhala itu.
Ke empat diharamkan pula melihat nasib dengan azdlam yaitu cangkir atau potongan kayu berupa panah, yang mereka pergunakan si zaman jahiliyah untuk melihat nasib, sebagai telah kita terangkan agak panjang seketika menafsirkan ayat tiga di permulaan ayat ini.
91. Dan (ingatlah), ketika Kami mengambil janji dari kamu (yaitu): kamu tidak akan menumpahkan darahmu (membunuh orang), dan kamu tidak akan mengusir dirimu (saudaramu sebangsa) dari kampung halamanmu, kemudian kamu berikrar (akan memenuhinya) sedang kamu mempersaksikannya.
Tafsir :
Tidak lain keinginan setan itu hanyalah hendak menimbulkan di antara kamu permusuhan dan berbenci bencian kepada arak dan judi itu (pangkal ayat 91 ). Dari sebab minuman arak orang mabuk. Setelah mabuk orang berangsur turun kepada kejadian asalnya, yaitu binatang dan akalnya padam cahayanya. Maka berkelahilah dia, mencarut memaki maki sebab di waktu itu dia di hitung gila.
Sopan santun hilang berkelahi dan sampai berbenci bencian di antara dua orang atau pun dua golongan yang mabuk dengan berjudi pun demikan pula mana waktu habis, mana hati yang kalah menjadi panas telah licin tandas dan hidup judi sial itulah yang sangat menyenangkan setan. Supaya peca belah diantara kamu lantaran mabuk atau terbuka rahasia rahasia pribadi yang tersembunyi lantaran mabuk sebab sumbat sucinya talah pecah. Setan tertawa dan hendak mema;ingkan kamu dari pada ingatan akan allah dan dari pada sembahyang karena mabuk orang tidak ingat lagi kepada allah, hilang kesopanan lalu becorat coret, lalu berzinah karena bermain judi orang tidak ingat kepada allah lagi, ingatlah hanya sembahyang tidak berketentuan lagi : lantaran mabuk dan judi perhubungan dengan sesame manusia porak poranda dan hubungan kepda allah hancur lebur sebab itu dengan keras allah besabda :
Oleh karena itu tidak lah kamu berhenti ( ujung ayat 91 )