SEJARAH BAHASA INDONESIA
Perkembangan bahasa Melayu menjadi bahasa Indonesia didorong oleh tiga factor : karakteristik bahasa Melayu, geografis, dan politis religi. Bahasa Melayu Riau berkembang menjadi bahasa interetnik di Bandar-bandar perdagangan di daerah pesisir timur Pulau Sumatra, pesisir utara Pulau Jawa, pesisir barat dan selatan Pulau Kalimantan. Dari bahasa interetnik, bahasa Melayu Riau berkembang menjadi bahasa lingua franca yang bukan hanya digunakan oleh kelompok etnik pribumi di Nusantara yang sangat banyak jumlahnya, tetapi juga digunakan oleh etnik asing, antara lain Portugis, Belanda, Arab, India, dan Inggris dalam transaksi dagang.
Untuk kepentingan penjajahan, Belanda memerlukan tenaga-tenaga pribui yang memiliki keterampilan dan pendidikan dasar yang memadai. Karena itu didirikan sekolah-sekolah dan didalamnya digunakan Bahasa melayu. Disamping itu, untuk menyebarkan pemahaman agama yang paling efektif dapat mencapai lapisan masyarakat pribumi, para pemimpin agama menggunakan media bahasa Melayu.
Untuk mendorong kepentingan penjajahannya, pada tahun 1865 bahasa Melayu yang secara de facto sudah menjadi lingua franca ditingkatkan statusnya menjadi bahasa resmi kedua , yitu setelah bahasa Belanda yang merupakan bahasa resmi pertama oleh pemerintah Belanda. peningkatan ini merupakan konsekuensi logis dari kondisi social politik waktu itu.
Tahun 1901, Charles Van Ophuisen, setelah meneliti bhasa Melayu selama lima tahun, menerbitkan bukunya yang sangat berarti bagi perkembangan bahasa Melayu, yaitu kitab Logat Melayouyang berisi antara lain system penulisan dengan huruf Latin. Dengan demikian, bahasa Melayu yang sebelumnya hanya menggunakan system ejaan huruf jawi (Arab) yang silabik mendapatkan system penulisannya yang lebih sesuai, yaitu system fonetik. peristiwa ini merupakan langkah pertama pemoderenan bahasa Melayu.
Bahasa melayu yang berkembang dan tersebar luas dengan sangat pesat, pada permulaan abad ke 20 mendapatkan fungsi baru, yaitu sebagai bahasa pergerakan nasional. Fungsi baru itu diberikan oleh para pemimpin rakyat yang berjuang untuk kemerdekaan Indonesia. Pada waktu itu, Nasionalisme Indonesia diidentikkan dengan pemakaian bahasa Melayu. pengakuan sebagai bahasa pergerakan nasional bukan hanya datang dari para pemimpin pergerakan, tetapi juga dari pemerintah Belanda.
Perkembangan Sastra
Sudah sejak abad 19, ada hasil-hasil sastra berbahasa Melayu yang tidak ditulis oleh orang-orang yang berasal dari kepulauan Riau atau Sumatra. juga bahasa yang dipergunakannya akan sulit disebut sebagai bahasa Melayu yang murni. Bahasa Melayu yang dipergunakan oleh para pengarang itu bukan bahasa Melayu tinggi melainkan bahasa Melayu Rendah.
Umumnya karya-karya sastra kuno itu mengisahkan kehidupan anta-branta, kerajaan-kerajaan atas angin dengan para rajaputera yang gagah dan putri-putri cantik jelita. Kepada pembacanya memberikan nasihat secara langsung ataupun tidak langsung, antara lain yang berkenaan dengan moral, agama, ilmu dan lain-lain. Demikian juga bentuknya, umumnya sudah mempunyai bentuk yang tradisional. Kebanyakan berbentuk puisi. Pendeknya bukan bahasa sehari-hari. Bahasa prosa cenderung dianggap tidak bernilai sastra.
Dengan berkembangnya pers mulai pertengahan abad ke-19, maka mulai digunakan bahasa prosa yang praktis untuk menyampaikan peristiwa hidup sehari-hari. Ditambah oleh pengaruh bacaan Eropa melalui Belanda, maka mulailah orang mempergunakan bahasa prosa untuk bercerita. Mungkin pada awalnya mereka tidak begitu sadar untuk bersastra, tetapi lama kelamaan jenis cerita ini berkembang pesat setelah banyak peminatnya.
Roman merupakan bentuk sastra Eropa yang tumbuh subur sekitar abad 19. bentuk ini ternyata digemari pula di Indonesia. pengaruh Eropa itu bukan hanya tampak dalam prosa, melainkan juga dalam puisi. pada sekitar tahun 1920, Muhammad Yamin, Sanusi Pane, Muhammad Hatta, Roestam Efendi dan lain-lain banyak menulis sonata, yaitu bentuk puisi yang berasal dari Italia dan digemari di Inggris dan Belanda.
Barulah pada tahun 1920 terbit pada Balai Pustaka roman yang ditulis dalam bahasa Melayu Tinggi, yaitu karangan Merari sirengar berjudul Azab dan Sengsara. Dua tahun kemudian terbit roman yang sekarang telah menjadi klasik, yakni Sitti Nurbaya buah tangan Marah Rusli. M. Kasim menulis Muda Teruna dan Nur Sutan iskandar dengan mempergunakan nama Nursinah Iskandar menerbitkan Apa Dayaku Karena Aku Perempuan (keduanya terbit pada tahun 1922)
Sementara itu perkembangan penulisan roman di luar Balai Pustaka yang mempergunakan bahasa Melayu Pasar pun tidak terhenti. Kalau roman-roman Baalai Pustaka digemari oleh para pembaca yang hidup dalam lingkungan pegawai negeri dan “sekolahan” maka umumnya roman-roman Melayu Pasar digemari dalam lingkungan para pedagang, para buruh yang tidak pernah mengecap pendidikan sekolah dengan pengajaran bahasa melayu yang baik.
Pada masa pujangga baru jurang perbedaan ini sedikit demi sedikit diperkecil. S. Takdir Alisjahbana pernah mengemukakan tulisan pada masa itu (1934) yang menyatakan secara tegas bahwa bahasa Melayu rendah atau Melayu Tionghoa pun tak kalah baiknya dengan bahasa melayu Riau. Ucapan itu menyejukkan, apalagi karena dikatakan oleh pejuang bahasa Indonesia sehingga timbul reaksi yang keras dari pihak para pecinta bahasa Melay tinggi yang murni.
tetapi ucapan Sutan Takdir itu pun barulah merupakan cita-cita sahajah. Bahasa Pujangga Baru sangat keras menunjukkan pengaruh Melayu Riau, termasuk pula bahasa yang dipergunakan oleh Sutan Takdir sendiri. Baru pada masa sesudah perang, dengan munculnya Chairil Anwar, perbedaan kedua macam bahasa itu kian menciut. Pada saat sekarang tidak bisa dibedakan lagi antara bahasa Melayu tinggi dan bahasa Merlayu Pasar. Keduanya, telah menjadi bahasa Indonesia. Perbedaan bahasa percakapan (lisan) dan bahasa buku sudah boleh dibilang tak ada lagi.
Periodisasi Sejarah Sastra Indonesia
Beberapa orang penelaah sastra Indonesia telah mencoba membuat periodisasi sejarah sastra Indonesia. Meskipun diantara para ahli dan sarjana itu ada persamaan-persamaan yang mecolok dalam membagi periodisasi sastra Indonesia, namun kalau diteliti lebih lanjut maka akan tampak bahwa masing-masing periodisasi itu menunjukkan perbedaan-perbedaan yang mencolok juga, baik istilah maupun konsepsinya.
Dalam buku Ikhtisar ini akan diikuti periodisasi sejarah sastra Indonesia sebagai berikut.
I. Masa Kelahiran (kurang lebih 1900-1945) yang dapat dibagi lagi menjadi beberapa periode yaitu :
1. Periode awal 1933
2. periode 1933-1942
3. periode 1942-1945
II. Masa Perkembangan (1945 sampai sekarang) yang lebih lanjut dapat pula dibagi menjadi beberapa periode sebagai berikut :
1. periode 1945-1953
2. Periode 1953-1961
3. periode 1961 sampai sekarang