A.Pendahuluan
Belakangan ini kita sering mendengar istilah gadai di kalangan masyarakat,khususnya masyarakat menengah ke bawah.Gadai atau rahn sendiri di dalam islam bukanlah sesuatu istilah yang asing karan gadi sendiri belakangan ini sering digunakan masyarakat untuk mendapatkan uang secara cepat dan mudah.
Apakah gadai atau rahn ini diperbolehkan di dalam islam,dan bagaimana aplikasinya sendiri di dalam masyarakat ?....dengan adanya makalah ini kami mencoba menjelaskan secara terperinci baik dari segi pengertian,aplikasinya,dan hukumnya sendiri di dalam syariat islam.
B.Pengertian dan Dasar Hukum Gadai (Rahn)
Secara etimologi gadai (rahn) bermakna tetap dan berkesinambungan sebagaimana juga yang digunakan untuk makna kata al-habsu ”menahan”.Penggunaan yang pertama seperti ungkapan ni`matun raahinah ”nikmat yang kekal”.Penggunaan makna yang kedua seperti firman Allah
كُلُّ نَفْسٍ كَسَبَتْ رَهِيْنَةُ
Artinya: Setiap jiwa terikat (tertahan) karena apa yng telah di lakukannya
(Al-Mudatsir:38)
Adapun menurut terminology islam,rahn sebagaimana di definisikan oleh para ulama adalah menjadikan barang yang berharga menurut tinjauan syariat sebagai jaminan utang,sekiranya pembayaran utang atau sebagian bisa di ambil dari benda yang di gadaikan tersebut.
Apabila seseorang berutang kepada orang lain,kemudian ia memberikan kepada pemberi utang sebuah jaminan seperti bangunan atau binatang ternak,jaminan tersebut terus tertahan di tangan si pemberi utang hingga utangnya selesai di bayar.Rahn seperti ini adalah adalah rahn yang di bolehkan oleh islam.
Selanjutnya pemilik barang yang berutang disebut dengan raahin dan pemilik piutang yang berhak menerima dan memegang barang jaminan disebut murtahin.Sedangkan benda yang di gadaikan diebut marhun atau rahn.
Sebagai referensi atau landasan hukum pinjam-meminjam dengan jaminan (borg) adalah firman Allah Swt.berikut
وَاِنْ كُنْتُمْ عَلَى سَفَرٍوَلَمْ تَجِدُ وْا كَا تِبًا فَرِ هَا نٌ مَقْبُوْ ضَةٌ
Artinya: Apabila kamu dalam perjalanan dan tidak ada orang yang menuliska utang,maka
hendaklah dengan rungguhan yang diterima ketika itu (Al-Baqarah:283).
Diriwayatkan oleh Ahmad,Bukhari,Nasai,dan Ibnu Majjah dari Anas r.a ia berkata:
رَهَنَ رَسُوْ لُ الله ص م دِ رْعًا عِنْدَ يَهُوْدِ ى بِلْمَدِ يْنَةِ وَ اَخَذَ مِنْهُ شَعِيْرًالِاَ هْلِهِ
Artinya: “Rasulullah Saw.merungguhkan baju besi kepada seorang yahudi di
madinah ketika beliau mengutangkan gandum dari seorang yahudi.
Dari hadits di atas dapat dipahami bahwa agama islam tidak membeda-bedakan antara orang muslim dan non-muslim dalam bidang muamalah,maka seorang muslim tetap wajib membayar utangnya sekalipun kepada non muslim.
C.Rukun dan Syarat Gadai
Gadai atau pinjam dengan jaminan suatu benda memiliki beberapa rukun,antara lain
Akad ijab dan Kabul,seperti seseorang berkata “aku gadaikan mejaku ini dengan harga Rp 10.000 yang satu lagi menjawab “aku terima gadai mejamu seharga Rp 10.000
Aqid,yaitu yang menggadaikan (rahin) dan yang menerima gadai (murtahin).
Barang yang dijadikan jaminan (borg) syarat pada benda yang dijadikan jaminan ialah keadaan barang itu tidak rusak sebelum janji utang harus di bayar,Rasulullah Saw bersabda:
كُلُّ مَا جَا زَبَيْعُهُ جَازَرَ هْنُهُ
Artinya: Setiap barang yang diperjualbelikan boleh dijadikan borg gadai’
Menurut Ahmad bin Hijazi bahwa yang dapat dijadikan jaminan dalam masalah gadai ada tiga macam,yaitu: 1) kesaksian 2)barang gadai dan 3) barang tanggungan.
Ada utang,disyaratkan keadaan utang masih tetap.
D.Pengambilan Manfaat Barang Gadai
Akad rahn dibuat untuk tujuan memperkuat kepercayaan atau jaminan atas pemberian utang,bukan untuk investasi atau mencari keuntungan.sehingga dengan alasan ini murtahin tidak boleh memanfaatkan barang gadai dalam bentuk apapun,walaupun pemiliknya memberikan izin kepadanya.Sebab,hal itu adalah utang yng membuahkan keuntungan bagi pemberinya dan hal itu termasuk riba yng di haramkan.
Hal tersebut diatas berlaku apabila barang yang di gadaikan bukan binatang yang biasa di tunggangi atau bukan ternak yang bisa di perah susunya.Apabila berupa binatang ternak yang bisa di perah susunya,maka boleh di manfaatkan sebagai kompensasi atas biaya perawatannya. Hadits riwayat Sya`bin dari Abu Hurairah r.a bahwa Rosuluuah Saw berabda:
“ternak yang di gadaikan boleh diperah susunya sesuai dengan biaya perawatnnya.Ternak yang digadaikan boleh di tunggangi sesuai dengan biaya perawatannya dan orang yang memerah susunya atau menungganginya harus membayar biaya perawatannya”.
Pengambilan manfat pada benda-benda gadai diatas ditekankan kepada biaya atau tenaga untuk memelihara sehingga bagi yang memegang barang-barang gadai punya kewajiban tambahan,pemegang barang gadai berkewajiban memberikan makanan apabila barang gadaian itu adalah hewan.Harus memberikn bensin bila barang gadaian berupa kendaraan,jadi yang dibolehkan disini adalah upaya pemeliharaan terhadap barang gadaian yang ada pada dirinya.
Menurut Imam Ahmad dan Syafi`I barang gadai adalah amanah pemiliknya di tangan murtahin.Karena itu,ia tidak wajib memberikan jaminan atau menggantinya,selama kerusakan yang terjadi bukan karena di sengaja.
E.Resiko kerusakan Marhun
Bila marhun hilang dibawah penguasaan murtahin,maka murtahin tidak wajib menggantinya,kecuali bila rusak atau hilangnya itu Karen kelalaian murtahin atau karena di sia-siakan. Menurut Hanafi,murtahin yang memegang marhun menanggung resiko kerusakan marhun atau kehilangan marhun,bila marhun itu rusak atau hilang baik karena kelalaian (disia-siakan) maupun tidak.Demikian pendapat Ahmad Azhar Basyir
Perbedaan dua pendapat tersebut ialah menurut Hanafi murtahin harus menanggung resiko kerusakan atau kehilangan marhun yang dipegangnya,baik marhun hilang karena disia-siakan maupun dengan sendirinya.Sedangkan menurut Syafi`iyah murtahin menanggung resiko kehilangan atau kerusakan marhun bila marhun itu rusak atau hilang karena disia-siakan murtahin.
E.Riba dan Gadai
Perjanjian gadai pada dasarnya adalah perjanjian utang-piutang,hanya saja dalam gadai dan jaminannya,riba akan terjadi dalam gadai apabila dalam akad gadai ditentukan bahwa rahin harus memberikan tambahan kepada murtahin ketika membayar utangnya atau ketika akad gadai ditentukan syarat-syarat kemudian syarat tersebut dilaksanakan.
Bila rahin tidak mampu membayar utangnya hingga pada waktu yang telah ditentukan,kemudian rahin menjual marhun dengan tidak memberikan kelebihan harga marhun kepada rahin,maka disini juga telah berlaku riba.
F.Operasional Pegadaian Syariah Di Indonesia.
Dalam operasionalnya, pengelolaan usaha gadai syariah ini diperlakukan sebagaimana pengelolaan sebuah perusahaan dengan sistem manajemen modern yang dicerminkan dari penggunaan azas rasionalitas, efisiensi, dan efektivitas. Ketiga azas ini harus diselaraskan dengan nilai-nilai Islam, sehingga dapat berjalan seiring dan terintegrasi dengan manajemen perusahaan secara keseluruhan.
Rahn dalam hukum Islam dilakukan secara sukarela atas dasar tolong menolong dan tidak untuk semata-mata mencari keuntungan. Sedangkan gadai menurut hukum perdata, disamping berprinsip tolong menolong juga menarik keuntungan melalui sistem bunga atau sewa modal yang ditetapkan dimuka. Dalam hukum Islam tidak dikenal istilah “bunga uang”, dengan demikian dalam transaksi Rahn (gadai syariah) pemberi gadai tidak dikenakan tambahan pembayaran atas pinjaman yang diterimanya. Namun demikian masih dimungkinkan bagi penerima gadai untuk memperoleh imbalan berupa sewa tempat penyimpanan marhun (barang jaminan/agunan).
A.Kesimpulan
Praktik gadai syariah ini sangat strategis mengingat citra pegadaian memang telah berubah sejak enam – tujuh tahun terakhir ini. Pegadaian, kini bukan lagi dipandang tempatnya masyarakat kalangan bawah mencari dana di kala anaknya sakit atau butuh biaya sekolah. Lembaga pegadaian saat in juga tempat para pengusaha mencari dana segar untuk kelancaran bisnisnya. Sebagai ilustrasi seorang eksportir produk kerajinan membutuhkan dana cepat untuk memberikan modal kerja bagi para pengrajin binaannya. Maka bisa saja ia menggadaikan mobilnya untuk memperoleh dana segar beberapa puluh juta rupiah. Setelah produk kerajinannya jadi dan dieksport, iapun mendapat bayaran dari mitra luar negerinya, selekas itu pula ia menebus mobil yang digadaikannya. Bisnis tetap jalan, likuditas lancar, dan yang penting kepercayaannya dari mitra bisnis di luar negeri tetap terjaga
B.Saran dan Kritik
Demikianlah pembahasan dari makalah kami yang berjudul” Gadai (Rahn) dan Hukumnya”. Semoga bermanfaat bagi kita semua dan semoga makalah ini memberikan sumbangsih dalam kemajuan ilmu pengetahuan,dalam penyusunan makalah ini kami sadar bahwa masih banyak kesalahan atau kekurangan untuk itu saran dan kritik sangat kami harapkan demi perbaikan selanjutnya.Terima kasih